- Mantan Pemain Chelsea Terjebak Gempa Turki

Chelsea melaporkan secara resmi bahwa eks pemainnya, Christian Atsu masih dalam keadaan hilang pasca gempa yang terjadi di Turki, Senin (6/1/2023) WIB.

Menurut laporan Express, regu pencari dan penyelamat masih terus mencari korban-korban yang tertimpa puing-puing bangunan. Salah satu korbannya itu adalah Atsu, pemain berusia 31 tahun yang kini bermain untuk Hayatspor.

Gempa yang melanda Turki itu terbilang dahsyat dan terjadi dua kali. Gempa pertama terjadi Senin dini hari WIB berkekuatan M 7,8, gempa kedua berkekuatan M 7,5.

Getaran tersebut terasa dari Turki, Suriah, hingga Lebanon. Hingga saat ini, jumlah korban diperkirakan mencapai lebih dari 1000 orang dan akan terus bertambah seiring dengan pencarian yang masih berlanjut.

Pernyataan Resmi Chelsea

Kejadian tersebut dengan sigap ditanggapi The Blues lewat akun resmi mereka. “Pikiran semua orang di Chelsea Football Club tertuju pada mereka yang terkena dampak gempa bumi di Turki dan Suriah,” begitu tulisnya.

Namun, tidak lama berselang, Chelsea kembali mengunggah pernyataan resmi. Pernyataan tersebut dibuat secara spesifik untuk Atsu, mantan pemainnya yang masih hilang.

“Kami berdoa untukmu, Christian Atsu,” tulis Chelsea.

Masih Hilang

Sebelumnya sempat beredar informasi bahwa Atsu telah ditemukan. Informasi ini kemudian dibantah oleh rekannya, Kerim Alici di Instagram yang menyatakan rekannya itu belum ditemukan.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh sejumlah laporan terpercaya di Turki. Atsu yang kini bermain di Hatayspor terjebak di bawah reruntuhan bangunan bersama direktur klub tersebut.

Saat gempa terjadi, Atsu tengah berada di kota Hatay, kota tempat klubnya bermarkas. Kota tersebut diyakini terdampak paling parah dari gempa yang terjadi.

Kondisi Terkini Christian Atsu

Setelah sempat dinyatakan hilang dan diyakini terjebak dalam reruntuhan bangunan, The Guardian melaporkan bahwa Atsu sudah ditemukan.

Kondisi pemain yang sempat membela Newcastle itu tidak baik-baik saja. Atsu dilaporkan mengalami luka pada bagian kaki kanannya dan kesulitan bernapas. Namun, nyawa Atsu masih bisa diselamatkan dari musibah buruk yang terjadi.

Baru Bikin Gol Kemenangan

Sebelum gempa terjadi, Christian Atsu baru saja memberi kesan positif untuk Hatayspor. Atsu mencetak gol kemenangan Hatayspor atas Kasimpasa pada laga pekan ke-23 Liga Super Turki di Stadion Yeni Hatay.

Atsu mencetak gol dari eksekusi tendangan bebas pada menit 90+7. Gol tersebut membawa Hatayspor menang 1-0 dan kini berada di posisi ke-14 klasemen, lepas dari zona degradasi.

Sementara itu, Atsu bergabung dengan Chelsea pada 2013 lalu dari Porto. Sejak bergabung, pemain berposisi sayap kiri itu belum pernah mencicipi penampilan di tim utama Chelsea.